Rabu, 21 Maret 2012

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN IBU PRE MENOPAUSE (40-50 TAHUN) DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI PUSKESMAS WAAI


 ABSTRACT

Menopause adalah haid terakhir, berhentinya haid dapat didahului oleh siklus haid yang lebih panjang dan terjadi amenorhoe sekurang-kurangnya satu tahun. Terjadinya menopause dipengaruhi oleh keturunan, kesehatan, pola kehidupan dan usia menarche.
Tujuan Umum yaitu mengetahui hubungan pengetahuan dengan kecemasan ibu pre menopause (40-50 tahun) dalam menghadapi menopause di Desa Batu Bintang Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling.
Dari hasil analisa menggunakan uji Rank Spearman dengan ρ 0,05 didapatkan bahwa ρ = 0,023 yang lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ho ditolak H1 Diterima yang artinya ada hubungan antara pengetahuan dan kecemasan ibu pre menopause (40-50 tahun) dalam menghadapi menopause.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Pengetahuan ibu pre menopause (40-50 tahun) tentang menopause sebagian besar adalah Cukup, Kecemasan ibu pre menopause (40-50 tahun) dalam menghadapi menopause sebagian besar adalah sedang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar